Minggu, 23 Desember 2012

mari mendaur ulang kertas


Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan kegiatan – kegiatan yang menggunakan kertas. Kebanyakan kertas digunakan untuk kegiatan tulis menulis, perkantoran dan lain – lain.  Tak heran bila banyak sekali kertas-kertas yang kita gunakan. Namun tidak sampai disutu saja,kertas atau buku – buku sudah habis hanya diterlantarkan begitu saja atau bahkan sebagian langsung dibuang tanpa pengelolaan. Sehingga banyak kertas sekali yang terbuang sia-sia. Begitu juga dengan koran, majalah, brosur, buku tulis bekas yang sudah tidak terpakai kebanyakan hanya dibiarkan menumpuk begitu saja atau bahkan dibuang sembarangan, padahal bila kita sedikit jeli, ada banyak manfaat dibalik banyaknya tumpukan kertas bekas tersebut. Diantaranya dengan dilakukannya daur ulang kertas.

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah, yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.
Tidak sulit untuk melakukan daur ulang kertas. Alat dan bahan yang harus disediakan adalah :
1.    Kertas bekas (Koran, majalah, buku dan lain-lain)
2.    Gunting
3.    Ember
4.    Blender
5.    Pengaduk
6.    Solet plastik
7.    Kain mori
8.    Spons
9.    Cetakan
10. Pemberat
11. Gelas air mineral bekas
12. Air
13. Lem kanji
14. Pewarna alami (untuk mewarnai kertas)
Setelah semua alat dan bahan kita siapkan, hal yang pertama kali harus kita lakukan adalam menyobek kecil-kecil kertas yang akan didaur ulang kemudian merendamnya selama ± 24 jam hingga kertas tersebut sudah terlihat naik ke atas berarti berat jenisnya sudah menurun.
Setelah itu, prosedur mendaur ulang kertas adalah sebagai berikut :
1.         Pemblenderan kertas
a.  Memasukkan kertas ke dalam blender, diberi air dan diblender.
b.  Menyaring hasil blender. Sisa air limbah blenderan digunakan kembali untuk memblender dan bubur kertas ditampung dalam bak.
2.         Pemberian warna dan kanji
a.  Memanaskan kanji dan air untuk membuat lem kanji
b.  Memeras air pada kertas yang sudah diblender
c.   Menambahkan lem kanji cair pada kertas yang sudah diblender dan diperas tadi
d.  Mengaduknya hingga rata
e.  Memberikan pewarna pada adonan, aduk hingga rata
3.         Pencetakan kertas
a.  Meletakkan spon di bawah cetakan
b.  Memberi kain mori/screen
c.   Memasukkan adonan dengan solet, tebalnya sesuai yang dikehendaki ( untuk kardus tebal, untuk kertas tipis )
d.  Memberi papan press, untuk memeras air
e.  Meletakkan pemberat, agar tuntas airnya
4.         Penjemuran
a.  Setelah papan terisi penuh dengan cetakan kertas, dijemur dengan posisi berdiri.
b.  Proses penjemuran ini jika diterik matahari akan membutuhkan waktu 2-3jam, jika agak mendung bisa mencapai setengah hari.
c.   Setelah kering, kertas diambil dengan cara mengelet sisi kertas secara perlahan – lahan.
d.  Menyetrika kertas yang sudah jadi
e.  Memotong kertas yang sudah jadi sesuai ukuran

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kertas daur ulang adalah pada saat pembuatan bubur. Pada saat pembuatan bubur kertas,usahakan kertas benar-benar terblender menjadi halus. Selain itu juga pada saat pembuatan lem. Dalam pembuatan lem yang tidak terlalu kental namun tidak terlalu encer dan tidak menggumpal agar hasilnya maksimal.
Selain itu, yang harus diperhatikan adalah pada saat proses pewarnaan, pada proses daur ulang kertas apabila bahan baku kertas yang digunakan adalah kertas Koran, akan menghasilkan warna bubur kertas berwarna abu – abu gelap, karena kertas koran sudah mempunyai warna yang sangat pekat. Sehingga apabila menghendaki warna lain kita harus menyiapkan pewarna yang kuat.
Sinar matahari juga mempunyai pengaruh yang penting dalam proses daur ulang kertas ini. Proses pengeringan kertas sebaiknya ditempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari agar kertas tidak menjadi lembab dan berbau. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar