Rabu, 26 Desember 2012

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT Ayo Cuci Tangan Dengan Benar..!



Menjalani pola hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit, dapat dimulai dari hal yang paling sederhana yakni dengan rajin mencuci tangan memakai sabun. Akan tetapi kebiasaan yang sederhana ini justru sering  kita abaikan.
Kedua tangan kita adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit didalam tubuh. Sebab tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Terlebih anak-anak usia SD merupakan anak-anak yang sedang dalam masa berkembang dan aktivitas di luar rumah relatif tinggi. Oleh karena itu penting sekali melakukan kegiatan mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktifitas misalnya setelah bermain, setelah bepergian, setelah memegang hewan peliharaan dan lain-lain. Siswa Sekolah Dasar merupakan siswa yang rentan terhadap berbagai macam jenis penyakit. Terlebih penyakit berbasis lingkungan seperti diare, tifus, muntaber, kecacingan dan masih banyak lagi.
Mencuci tangan berfungsi untuk menghilangkan atau mengurangi mikroorganisme yang menempel pada tangan. Dengan mencuci tangan, tangan kita akan lebih bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.
Masyarakat pada umumnya sudah mengerti arti penting mencuci tangan, namun kenyataanya, masyarakat hanya mencuci tangan dengan air saja, bahkan terkadang mencuci tangan di air yang tidak mengalir. Padahal cuci tangan harus dilakukan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Terutama sabun yang mengandung desinfektan. Sekarang ini sudah banyak beredar sabun yang mengandung desinfektan di pasaran sehingga tidak sulit menemukan sabun yang bisa membunuh kuman maupun bakteri.
Air yang tidak bersih atau bahkan mengandung bakteri justru akan menyebabkan penyakit karena bakteri yang ada di air berpindah ke tangan.sehingga pada saat tangan digunakan untuk makan kuman akan berpindah ke dalam tubuh. Pencucian tangan dengan sabun sangat efektif karena sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman. Cuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan cara mudah dan tidak perlu biaya mahal. Oleh karena itu dengan mengajarkan untuk mencuci tangan dengan sabun dari kecil merupakan salah satu upaya membiasakan anak untuk hidup bersih dan sehat. Kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun erat kaitannya dengan pencegahan penyakit kecacingan dan diare.
Namun tak hanya cukup memakai sabun dan air bersih saja, mencuci tangan harus dilakukan secara benar agar kuman yang ada disela-sela jari kita bisa benar-benar mati. Sehingga tangan benar-benar bersih dari kuman maupun mikroorganisme yang membahayakan tubuh.
Berikut salah satu tutorial mencuci tangan yang benar yang saya ambil dari youtube :

selamat mencobaaa... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar